Mengetahui Pengaruh Posisi Tangga Di Rumah


Search News :

 
23 Februari 2012 - RumahDanProperti.com

Merupakan area penghubung antara dua level berbeda. Berdasarkan ilmu Fengshui, tangga memiliki pengaruh yang besar dalam penataan interior

 

Tangga digunakan untuk bergerak dari satu tingkat ke tingkat lainnya. Tangga adalah saluran energi 'Qi' untuk dibawa ke atas atau ke bawah dan disebarkan ke seluruh ruangan. Energi itu hinggap oleh gerakan aktivitas yang menciptakan pola energi di tingkat atasnya. Oleh sebab itu, penempatan tangga dapat mempengaruhi keberuntungan dan kesatuan keluarga. Dalam pengertian lain, tangga merupakan komponen mayor dalam bangunan terutama rumah berlantai dua. Kesalahan lokasi tangga sangat besar pengaruhnya kepada kehidupan dinamisasi rumah tangga.
 

Karenanya, posisi tangga juga dianggap sebagai mulut rumah kedua atau 'Qi Kou' setelah pintu utama dan harus ditempatkan pada sektor yang tepat. Ada beberapa pedoman Fengshui yang harus Anda ketahui ketika menganalisa sebuah posisi tangga rumah. Perlu Anda ingat bahwa bahan material yang Anda pilih untuk interior tangga, warna keramik, sampai pada bentuk railing atau sandaran tangga tidak berhubungan sama sekali dengan ilmu Fengshui. Kasus yang sering ditemui adalah posisi tangga yang segaris lurus menuju pintu depan dalam jarak yang relatif dekat atau kurang dari lima meter.
 

Kedudukan tangga seperti ini merupakan salah satu penyebab keluarga sulit mengumpulkan kekayaan. Mengapa? Karena energi 'Qi' yang dibawa dari tangga ketika turun ke bawah akan bergegas ke luar rumah melalui pintu. Komponen rumah yang berpotensial menyebabkan Fengshui buruk adalah: dapur, kamar mandi dan toilet, garasi dan tangga. Sehingga dalam modul belajar dimasukkan sebagai Main skill. Walaupun sebenarnya masih ada beberapa lagi yang cukup penting dan dimasukkan ke Supplement. Jumlah anak tangga Tidak ada referensi dari Fengshui mengenai jumlah anak tangga. Namun, beberapa daerah di Indonesia punya. Silahkan pakai dari tradisi lokal. Namun dalam Fengshui ada dimensi keberuntungan atau ukuran-ukuran keberuntungan.
 

Seperti ilmu keseimbangan Yin Yang, lantai atas dan lantai bawah sebuah rumah harus dihubungkan secara tepat dengan tangga, hal ini perlu untuk memastikan Fengshui yang baik bagi penghuni. Apabila hubungan tidak baik, maka akan merusak keseimbangan Fengshui rumah beserta penghuni. Berikut ini contoh perletakkan tangga yang buruk :
 

  1. Anak tangga terlalu curam dan sempit adalah penempatan yang buruk, dikarenakan bila tidak berhati-hati penghuni dapat terpeleset dan jatuh.
     
  2. Letaknya berhadapan dengan toilet juga merupakan tindakan yang buruk, karena energi keberuntungan yang naik dari tangga akan hilang dan dibuang ke toilet. Untuk itu, dapat di antisipasi dengan cara memindahkan pintu toilet ke samping.
     
  3. Begitu pun bila berhadapan dengan tangga lain, karena rejeki akan langsung hilang terbuang cuma-cuma. Sehingga ini akan menimbulkan masalah bagi keluarga yang mempatinya.
     
  4. Dapur di bawah tangga, letak posisi ini dipastikan kurang baik. Selain mengganggu sirkulasi udara, aktivitas di area ini pun jadi kurang maksimal. Jika menurut Fengshui, keuangan akan habis karena penghasilan dapat keluar terus menerus akibat masalah-masalah yang terjadi.
     
  5. Tangga berhadapan dengan kamar tidur akan berakibat, sebagian Chi (energi keberuntungan) akan mengalir secara tidak merata ke lantai atas. Keberuntungan penghuni rumah di lantai atas khususnya didepan anak tangga akan hilang dan mengalir ke lantai dasar. Akibatnya banyak masalah bagi penghuninya.
     
  6. Lain halnya bila tangga berhadapan dengan tembok. Menurut Fengshui, penataan ini cukup baik, karena anak tangga yang bertemu dinding di lantai atas secara positif dapat ditebarkan merata ke semua bagian di lantai tersebut.
     
  7. Jika tangga berhadapan dengan teras, semua Chi (energi keberuntungan) yang datang akan langsung di buang keluar melewati pintu depan, sehingga penghuni rumah tidak mendapat apa-apa.
     
  8. Begitu pun bila anak tangga yang mejorok, karena anak tangga yang menjorok ke pintu kamar tidur bagaikan sebatang jarum yang menonjol ke luar. Sehingga, dapat menimbulkan persoalan bagi penghuni kamar didepannya.
     

Beberapa penjelasan di atas, semoga mampu memberikan pengertian mendalam tentang fungsi dan kegunaan tangga dalam rumah. Berbeda dengan air yang hanya bisa bergerak dari atas ke bawah. Paradigma energi 'Qi' dalam ilmu Fengshui justru lebih dinamis, Qi yang terjadi bisa mengalir dengan mudah dari tingkat atas ke bawah dan juga bergerak dari bawah ke atas.
 

Dedy Mulyadi, Berbagai sumber Foto : Istimewa




Berita Properti yang terkait

Tips Menawar Harga Rumah
13 Juli 2011 RumahDanProperti.com
Tips Meninggalkan Rumah Saat Berlibur
13 Juli 2011 RumahDanProperti.com
Tips Hemat Mendekorasi Hiasan Natal
13 Juli 2011 RumahDanProperti.com
Tips Tahun Baru di Rumah
13 Juli 2011 RumahDanProperti.com
Tips Rumah Cantik dengan Pagar Tanaman
13 Juli 2011 RumahDanProperti.com


Cari ID Properti

User Property Tools

Email Alerts

Agent Property Tools

Statistik Properti

Total : 54329

  • Jabodetabek : 36020
  • Surabaya : 2604
  • Medan : 36
  • Bali : 5062
  • Semarang : 1090
  • Bandung : 1945
  • Others : 7572

  • Semua Listing di Situs ini tayang maksimum untuk 3 bulan.